Friday, 21 March 2014

Mengenai Teknik Geodesi dan Geomatika UGM

Sebagai mahasiswa yang sudah 'cukup' berumur (Semester 6), ada keinginan bagi saya untuk membagikan sedikit informasi mengenai kampus saya yang tercinta, Teknik Geodesi dan Geomatika UGM kepada khalayak ramai khususnya adik-adik kelas 3 SMA yang akan melanjutkan studi sarjana. Memang tulisan ini mestinya saya post ketika saya masih studi di tahun pertama namun dikarenakan kesibukan yang cukup padat (karena saya mengikuti UKM Marching Band, BEM Fakultas Teknik, serta Keluarga Mahasiswa Teknik Geodesi) akhirnya mungkin sekaranglah waktunya. Better Late than Never... Well, have a good read on my post below..



Jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM) merupakan salah satu dari delapan jurusan yang ada di lingkungan FT UGM selain jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Teknik Kimia, Teknik Mesin dan Industri, Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Teknik Geologi serta Teknik Fisika dan Teknik Nuklir. Saat ini tercatat ada 35 orang dosen yang menjadi staff pendidik di jurusan ini, dengan perincinannya 13 orang Doktor (S3), 21 orang Magister (S2), dan 1 orang berpendidikan Sarjana (S1). Ada 7 orang yang sedang mengikuti program doktorat (S3) di dalam maupun luar negeri.

Pada Kurikulum 2011, terdapat 73 mata kuliah yang ditawarkan untuk mahasiswa terdiri dari 51 mata kuliah wajib sebesar 125 Satuan Kredit Semester (SKS) dan 22 mata kuliah pilihan sebesar 50 SKS. Untuk lulus S1 dari jurusan ini, jumlah SKS yang harus ditempuh minimal 144 SKS yang terdiri atas 51 mata kuliah wajib sebanyak 125 SKS dan mata kuliah pilihan sebanyak 19 SKS dengan masa studi normal 8 semester (4 tahun) dan paling lama 14 semester (lewat dari itu akan dikembalikan ke orang tua).

Seorang calon Geodet (sebutan untuk ahli teknik Geodesi) minimal menguasai perhitungan matematika dan analisis, teknologi komputer dan informasi serta bahasa inggris. Ketiga bidang tersebut akan sangat berguna selama masa studi dan masa kerja nanti. Berikut saya tuliskan pembagian mata kuliah tiap semesternya dan untuk lebih rincinya setiap mata kuliah akan saya jelaskan di postingan selanjutnya.

Semester 1 (Paket)
1. Pendidikan Nilai-nilai Pancasila
2. Kalkulus I
3. Geologi
4. Aljabar Linear
5. Ilmu Ukur Tanah
6. Pengantar Geodesi dan Geomatika
7. Hukum Agraria
8. Bahasa Inggris
9. Statistik dan Teori Kesalahan

Semester 2 (Paket)
1. Pendidikan Kewarganegaraan
2. Kalkulus II
3. Fisika Dasar
4. Hitung Perataan
5. Survei Topografi
6. Pemrograman Komputer
7. Kartografi I
8. Pendaftaran Tanah

Semester 3
1. Survei Digital
2. Matematika Geodesi
3. Fotogrametri I
4. Sistem dan Transformasi Koordinat
5. Sistem Basis Data
6. Komputer Grafik
7. Pengelolaan SDA dan Lingkungan
8. Oseanografi Fisis

Semester 4
1. Fotogrametri II
2. Sistem Acuan Geodesi
3. Penginderaan Jauh
4. Survei Rekayasa
5. Geodesi Satelit
6. Sistem Informasi Geografik
7. Kartografi II

Semester 5
1. Survei GNSS
2. Pengolahan Citra Digital
3. Proyeksi Peta
4. Penilaian Tanah dan Properti
5. Survei Hidrografi
6. Geodesi Fisis
7. Kemah Kerja

Semester 6
1. Pendidikan Agama
2. Filsafat dan Penciptaan Ilmu
3. Jaring Kontrol Geodesi
4. Model Terrain Digital
5. Survei Kadastral
6. Manajemen dan Kewirausahaan
7. Mata kuliah Pilihan

Semester 7
1. Manajemen Informasi Pertanahan
2. Metodologi Penelitian
3. Penetapan dan Penegasan Batas Wilayah
4. Mata kuliah Pilihan

Semester 8
1. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
2. Skripsi
3. Etika Teknik

Mata Kuliah Pilihan Semester Gasal
1. Survei Rekayasa Laut
2. Sistem Informasi Geografik Terapan
3. Survei Deformasi
4. Pasang Surut Laut
5. Metode Survei Data Non Spasial
6. Kerja Praktek
7. Sistem Kadastral
8. Penginderaan Jauh Terapan
9. Fotogrametri Non Topografi
10. Survei Pertambangan
11. Basis Data Spasial

Mata Kuliah Pilihan Semester Genap 
1. Sistem Informasi Geografik Berbasis Internet
2. Hitung Perataan Terapan
3. Hukum Laut
4. Pengelolaan Wilayah Pesisir
5. Survei Rute
6. Struktur Data Spasial
7. Tata Guna Tanah
8. Penginderaan Jauh Sensor Aktif
9. Hukum Perburuhan
10. GNSS Terapan
11. Perencanaan Wilayah




Untuk akreditasi Jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika pada tahun 2013 lalu hingga 4 tahun kedepan adalah A. Saya secara pribadi sangat bangga bisa kuliah di jurusan ini karena memang saya begitu menyukai tantangan di alam sana dan saya bermimpi bisa keliling dunia sebagai seorang Geodet suatu hari nanti yang mampu membantu menyelesaikan permasalahan di dunia. Astungkara :)

Semoga bermanfaat postingan kali ini terutama kepada calon-calon geodet muda yang sedang berjuang menghadapi SBMPTN di tahun 2014. Don't ever worry to dream..

sumber : buku panduan Akademik Teknik Geodesi dan Geomatika tahun 2011, Program S-1
info lebih lanjut kunjungi web kami Teknik Geodesi dan Geomatika UGM


55 comments:

  1. Kak skrg uda lulus?
    Kalau uda kerja dimana?

    Gimana propek nya buat cewek kak?
    Makasih sbelumnya.. ^^

    ReplyDelete
  2. Belum dik, masih tugas akhir.

    Jangan pernah takut untuk masuk teknik terutama untuk cewek. Apalagi di teknik geodesi sekarang sudah mukai banyak ceweknya.

    Prospek? Selama bumi masih eksis + pembangunan terus berjalan, prospek kerja untuk teknik geodesi sangat besar peluangnya.

    Dik dinda kira2 betahnya di outdoor atau indoor? Geodesi bisa kerja dimanapun kok..hehe Mau di darat, laut, udara semua ada lahan kerjanya untuk kita..

    Oh ya sebelum lebih jauh, tau teknik geodesi dari searching aja kah? atau ada referensi lainnya? berminat untuk kuliah di jurusan ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas angkatan 2013? , ada rencana s2 di ugm?

      salam kenal Aras Prakasa 2013/komputasi/Bandung

      Delete
    2. Maaf baru balas, saya angkatan 2011. Saya rencananya ngambil S2nya di jepang, bidang geoinformatika. Salam kenal kembali.

      Delete
  3. Kak, saya pengen masuk ke teknik geometika di UGM. Passing grade nya berapa ya kak?
    Ester minta pemahaman dong mengenai jurusan teknik geometika.

    ReplyDelete
  4. Kak, saya pengen masuk ke teknik geometika di UGM. Passing grade nya berapa ya kak?
    Ester minta pemahaman dong mengenai jurusan teknik geometika.

    ReplyDelete
  5. Kalo untuk passing grade, kakak kurang tau dik. Coba di search di web ugm atau web snmptn. Pemahaman teknik geomatika gampang saja kok, geo = yg berkaitan dengan bumi, matika = yg berhubungan degan pengukuran/perhitungan. Jadi ringkasnya teknik geomatika itu jurusan yg mendalami ilmu pengukuran/pemetaan di bumi dengan menggunakan fungsi matematis dan metode2 pemetaan lainnya baik secara manual maupun digital. Begitu kira2, ada gambaran dik ester?

    ReplyDelete
  6. Ka kalau masuk geodesi hitungannya harus kuat kah? Kaya hitungan2 di teknik sipil? -makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dik. Semua jurusan teknik perlu disiplin ilmu matematika. Jadi perlu dikuatkan ilmu hitungnya hehe

      Delete
  7. Kak, mulai praktek ke lapangan gitu-gitu mulai semester berapa ya? Apa emang dari awal udah suka praktek lapangan gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari awal smester 1 sudah mulai praktek ke lapangan kok. Yg basic dlu aja (di areal kampus) utk ilmu ukur tanah (buat peta planimetris) dan juga ada field trip biasanya utk mata kuliah geologi.

      Delete
  8. Kak, kalo kuliah di universitas kalah sama yg di institut teknologi ndak kira2 khususnya tek. Geodesi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada parameter utk menentukan menang dan kalah, kecuali adik ikut lomba hehe..dimanapun kuliah baik di univ maupun institut, kalo audah niat dan disiplin pasti kelak akan berhasil

      Delete
  9. Kak, kalo mau masuk teknik geodesi b.inggrisnya harus lihai ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihai? Selihai bule2 maksudnya? Hehehe.. Gak harus bisa tapi kamu butuh bisa..nilai plus kalo kamu bisa aktif berbahasa inggris..

      Delete
  10. Kak aku di smk Jurusan Geologi Pertambangan nih. Pengen bgt masuk yg Geodesi/Geomatika kalo gak Kartografi dan Penginderaan jauh/PJSIG. Kedua itu yg membedakan apa kak ? Sama2 main software jg kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dik annisa, menurutku yg membedakan adalah cakupan materi yg di pelajari. Dalam geodesi/geomatika, nnti kita juga akan belajar tentang penginderaan jauh maupun kartografi, kalau di jurusan pjsig disana akan lebih mendalami bagaimana suatu citra dapat diolah dan dimanfaatkan utk keperluan pj, pemetaan dll. Mudahnya, pj maupun sig akan dipelajari juga ketika kamu kuliah di geodesi.
      Iya sama2 main software kok, rata2 softwarenya juga sama, ada arcgis, envi, autocad, er mapper dll.

      Delete
  11. Assalamualaikum.. Saya Amalina dari Malaysia.. Nak tanya, Ada tak pelajar dari Malaysia yang ambil pengajian ini di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. sepengetahuan saya belum ada mahasiswa yang dari malaysia di teknik geodesi. Kalau di program studi yg lain sudah ada yang dari malaysia.

      Delete
    2. Heloooo.... bisakah / info ..dr d3 topographi melanjutkan S1 teknik geodesi di ugm,,, kalo bisa bagamana caranya.. d3 nya dr algeria

      Delete
    3. Heloooo.... bisakah / info ..dr d3 topographi melanjutkan S1 teknik geodesi di ugm,,, kalo bisa bagamana caranya.. d3 nya dr algeria

      Delete
    4. Hello, kemungkinan bisa. Coba dikontak langsung ke jurusan teknik geodesi ugm untuk lebih jelasnya. Kunjungi web geodesi (geodesi.ugm.ac.id)

      Delete
    5. Sis, Boleh tak saya minta nombor hp? Ada yang perlu dan penting untuk saya tanya.. Boleh emailkan ke porpotonalita.lina95@gmail.com tak? Saya perlukan pertolongan dari sis..

      Delete
  12. Hallo Kak, aku boleh Tanya, apakah do geodesi ini, kita harus mahir menggambar Kak ? Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga dik, kalo di arsitektur atau sipil kemungkinan iya..tapi kalo kamu bisa dan suka gambar, nilai plus bagi kamu..karena nanti di geodesi gambarnya gambar bumi dan proyeksinya, peta, serta gambar2 bola langit..cukup kompleks, tapi menyenangkan..hehe

      Delete
  13. Halo kak mau tanya,bedanya kuliah di teknik geodesi,teknik geologi,dan di geofisika ugm itu apa ya?makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo adik, kk bantu jwab dgan bahasa yg mudah aja ya hehe..
      Kalo di ugm, geodesi dan geologi masuk fakultas teknik, sedangkan geofisika masuknya ke fakultas mipa.
      Persamaannya dulu ya sama2 mempelajari berbagai macam pengetahuan tentang sebuah bumi dan gaya/unsur yang bekerja di bumi. Nah perbedaanya,geofisika lebih mempelajari tentang gaya2 fisik yg bekerja di bumi(baik di permukaan maupun di dalam inti bumi). Kalau geologi, lebih belajar tentang material dari bumi beserta fenomenanya (misalnya batuan2, gunung, mineral2 alam dll). Sedangkan geodesi, lebih mendalami tentang bagaimana sebuah bumi bisa disajikan dalam bidang datar (diukur kemudian dipetakan) dengan berbagai skala dan unsur2 tematik lainnya.
      Nah kira2 ada bayangan belum dik?

      Delete
  14. boleh minta emailnya min ?? mau tanya secara pribadi

    ReplyDelete
  15. Kak bedanya geodesi sama kpj apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kpj itu maksudnya kartografi penginderaan jauh kah?

      Bedanya adalah kpj fokusnya memanfaatkan data citra/foto/peta yg selanjutnnya diolah utk berbagai keperluan spasial, kalo geodesi lebih ke bagaimana caranya data citra/fotoudara yg mentah diolah, diproyeksikan, dan diatur sesuai dengan standar sehingga nnti hasilnya bisa digunakan utk analisis spasial. Begitu kira-kira penjelasan singkatnya, bisa dipahami?

      Delete
  16. Kak, bidang kerja KPJ sama Geodesi apakah sama? Jadi dapat dikatakan Lulusan KPJ dan Geodesi nantinya akan bersaing dalam dunia kerja? Atau gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih sama, namun geodesi lebih luas karena di geodesi nnti juga akan belajar kpj sbgai mata kuliah yg wajib diambil.

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. ka saya suka banget jurusan ini, bentar lagi saya masuk ptn kak, boleh minta tips dan trik biar masuk fakultas ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips dan triknya sebenernya cuma harus selalu latihan soal aja, berusaha menyukai pelajaran matematika, fisika, dan komputer, terus belajar, belajar, dan belajar. Tips dari kakak kayaknya itu aja deh hehe..oh ya jgan lupa mohon doa restu ortu dan selalu berdoa pada yang diatas. Dijamin sukses deh. Semangat ya!

      Delete
  19. Ka kali kita ngambil D3 teknik geodesi , terus mau nyambung ke s1 teknik sipil itu bisa gak sih, kalo bisa brapa tahun selsainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, bisa2 aja. Selesainya 4-5 thun. Tapi di ugm kemungkinan ekstensinya kalo dari d3 geomatika ke s1 teknik geodesi baru bisa. Kalo ke sipil, ya ngulang dari awal lgi dong.

      Delete
  20. Ka kali kita ngambil D3 teknik geodesi , terus mau nyambung ke s1 teknik sipil itu bisa gak sih, kalo bisa brapa tahun selsainya

    ReplyDelete
  21. Kak peminat teknik geodesi ugm banyak gk ? Salam dari bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banyak sekarang, kalo dulu pas jamanku masih sedikit. Salam.

      Delete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. Kak,di jurusan ini fisika banyak dipake ngga ? Kan ada embel-embel'teknik' nya
    Saya tertarik di jurusan ini tapi agak lemah di fisika jadi masih mau mikir lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm gak semua konsep fisika yg dipake, nnti dapet pelajaran fisika di semester dua aja kalo waktu jaman kk kuliah ya..gpp, bisa kok pasti ngikutin, kk juga gak terlalu bisa fisika tapi ttep enjoy ngejalanin kuliahnya asal niat pasti ada jalan kok :)

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Halo , Kak Made :)
    infonya lengkap banget, jadi makin yakin buat ke Geodesi karna sebelumnya bingung antara ke geodesi atau KPJ.
    Thank's for sharing dari postingan ini, sukses selalu kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 dik, semoga kamu makin yakin dan sukses juga kuliah di teknik geodesi UGM. :) feel free to ask ya dik kalo ada pertanyaan2.

      Delete
  26. Kakkk aku email kakak nihhh dibales yaaa mau tanya2 juga kakk

    ReplyDelete
  27. Kak pas masuk teknik geodesi UGM lewat jalur snmptn atau sbmptn ?

    ReplyDelete
  28. Ka kalo mau masuk geospasial itu cocoknya jurusan penginderaan jauh atau geodesi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua2nya bisa, tapi kalo kk boleh menyarankan ya geodesi aja karena di geodesi juga akan mempelajari penginderaan jauh..

      Delete
  29. gini mas saya bingung mau ngelanjutin prodi apa, kebetulan saya smk jurusan pemetaan, tapi bingung mau lanjut ke teknik geomatika atau ke teknik sipil. yang mau saya tanyakan perbedaan antara 2 prodi tersebut apa mas, cocoknya saya kebagian mana? terima kasih

    ReplyDelete
  30. Dari sma harus ambil jurusan apa kak? biar bisa masuk? dan nilai rata" nya berapa?

    ReplyDelete
  31. Kak.. mau nanya kalau saya mau ambil d3 pengindraan jauh dan sig UGM dan saya mau ambil ekstensi teknik geologi gitu apa bisa kak? Makasih

    ReplyDelete